October 4, 2022

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS BALE BANDUNG

PROFIL FISIP UNIVERSITAS BALE BANDUNG

Fisip unibba, bersamaan dengan kelahiran program studi Ilmu Pemerintahan sebagai program studi satu-satunya di FISIP, lahir pada tanggal 22 mei 2008 sebagai bagian dari gabungan dua kampus legendaris di kabupaten Bandung, yakni STKIP Bale Bandung dan STIPER Bale Bandung.

FISIP lahir sebagai jawaban atas kebutuhan publik Kabupaten Bandung pada masa itu, yang mengharapkan hadirnya lembaga pendidikan yang mampu mencetak birokrat bersih dan berkualitas, mulai dari tingkat desa hingga tingkat tertinggi pemerintahan di lingkup Kabupaten Bandung.

Sejauh ini, sejak kelahirannya, FISIP sudah mencetak ratusan alumni yang tersebar di pemerintahan-pemerintahan desa, anggota legislatif, guru pada kepakaran ilmu sosial, serta lembaga riset yang tersebar di Kabupaten Bandung dan Jawa Barat.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bale Bandung memiliki visi menjadi lembaga pendidikan tinggi yang memiliki komitmen terhadap pengembangan pendidikan politik dan pemerintahan dengan keunggulan pada politik pemerintahan lokal.

Jurusan satu-satunya dan yang menjadi unggulan dari FISIP adalah program studi ilmu pemerintahan. Program studi ilmu pemerintahan pada umumnya mempelajari dasar-dasar disiplin ilmu di bidang politik, pemerintahan, hukum, dan sosial, yang berfokus pada kajian-kajian serta fenomena daerah dan lokal, dimana output dari kegiatan pendalaman disiplin ilmu tersebut yakni mencetak lulusan yang mampu mewujudkan tata Kelola pemerintahan yang professional, bersih, efektif, efisien, dan transparan di wilayah kerja masing-masing.

FISIP memiliki satu unit publikasi Bernama JISIPOL yang rutin menerbitkan jurnal sebanyak 3x dalam satu tahun. FISIP juga bekerja sama dengan unit riset eksternal seperti halnya Enviro Strategic, Samahita Bandung, serta Lembaga riset lainnya yang fokus terhadap pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, serta kajian-kajian gender sebagai bagian dari modernisasi pembangunan.

FISIP UNIBBA memiliki dua ruangan strategis yang dibagi menjadi ruangan pimpinan, dimana diisi oleh Dekan, Kaprodi, dan Sekprodi, serta ruang transit dosen dan ruang kerja Kabag Tata Usaha sebagai tempat mahasiswa mencari jawaban atas permasalahan administrasi dan teknis yang berkaitan dengan kegiatan akademik. Selain itu, FISIP juga memiliki kelas bersama di lantai dua, yang bisa dialihfungsikan menjadi auditorium atau ruang seminar. Ruang kelas sendiri dilengkapi dengan AC, proyektor, dan alat peraga serta penunjang perkuliahan lainnya.

FISIP juga memiliki organisasi kemahasiswaan Bernama BEM FISIP UNIBBA yang bertanggung jawab melakukan fungsi pengkaderan bagi mahasiswa baru, serta menjadi corong suara dan penyambung aspirasi mahasiswa dalam rangka mewujudkan kehidupan akademik kampus yang demokratis. BEM juga didampingi oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) sebagai wadah pertama dalam proses kaderisasi mahasiswa. Keduanya bersinergi bersama pimpinan fakultas dan program studi, membangun FISIP menjadi tempat yang lebih layak untuk menjalankan kegiatan akademik

VIDEO PROFIL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS BALE BANDUNG